Rabu, 18 Februari 2009

Menggunakan Meta Tag

Berdasarkan pertanyaan seorang kawan Blogger, saya jadi tertarik untuk menulis tentang penggunaan tag META pada blogger. Sebenarnya sudah banyak yang menulis tentang hal ini, namun tidak ada salahnya saya menulis lagi, sekedar untuk mengingatkan.

Seperti kita ketahui, kegunaan Tag Meta ini adalah untuk mendongkrak posisi website / blog kita pada search engine. Tag Meta juga dapat diartikan sebagai identitas dari sebuah website. Meskipun Google saat ini sudah tidak begitu memperhitungkan keberadaan Tag Meta dalam sistem pencarian mereka, namun beberapa search engine masih memperhitungkannya. Jadi tidak ada salahnya kalau kita juga memasang Tag Meta di dalam website / blog kita.



Pertama tama kita perlu mengenal jenis-jenis dari Tag Meta, dalam hal ini saya jelaskan yang saya pasang di blog saya ini saja.

1. Tag Title
Yang pertama adalah Tag title, Bentuknya adalah <title> </title>. Gunanya adalah untuk mendeskripsikan Judul dari website / blog kita.

2. Description
Meta Description digunakan untuk mendeskripsikan isi dari website / blog anda. contohnya:
<meta content='Blog Ini adalah blog coba-coba yang hanya mereka-reka' name='description'/>

3. Keyword
Meta Keyword digunakan untuk mendefinisikan keyword (kata kunci) yang mewakili isi website / blog kita dalam pencarian search engine. Contohnya:
<meta content='Komik, Komik Indonesia, Cara-cara Membuat komik' name='keywords'/>. Yang perlu diingat, sebaiknya keyword ini berupa sebuah frase lengkap, jangan hanya satu kata. Hal ini untuk lebih memfokuskan hasil pencarian menuju website / blog kita.

4. Robots
meta Robots, untuk memerintahkan robot.txt yang biasa digunakan oleh search engine, apakah akan diperbolehkan menjelajahi halaman website / blog kita atau tidak. sebaiknya anda memperbolehkannya, karena robot.txt cukup berperan dalam proses pengindexan halaman oleh search engine. Bentuknya <meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>. Anda dapat mengganti nilai nya dengan Follow (memperbolehkan robot.txt) atau NO_FOLLOW (tidak mengijinkan).

Masih ada beberapa Tag meta lainnya yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan website / blog kita, antara lain:
<meta content='Global' name='distribution'/> => Distribusi Web anda
<meta content='Safe For Kids' name='rating'/> => Kategori website anda
<meta content='Nama Anda' name='author'/> => Nama Anda sebagai pemilik web
<meta content='Indonesia' name='language'/> => Bahasa yang digunakan dalam web
<meta content='Public' name='doc-type'/> => Type dokumen, publik atau private


Ok, lalu bagaimana cara menempatkannya di blog atau website anda?
Tag Meta biasanya diletakkan di awal blog, atau lebih tepatnya di dalam tag <head> </head>

Untuk pengguna blogger, tinggal buka EDIT HTML, lalu cari tag <head> dan letakan tag Meta anda tepat dibawahnya.

Selamat ng blog kawan

3 komentar:

SHARETHIS